Sponsors

Pages

Rabu, 11 April 2012

Mengapa Lagu Anak-anak Menghilang?

Joshua Suherman, Penyanyi lagu anak-anak

Saat ini sangat susah sekali untuk menemukan lagu anak-anak tampil di televisi. Walaupun saya sekarang bukan anak-anak, namun saya prihatin karena anak-anak jaman sekarang sudah tidak mengenal lagi lagu untuk seusianya. Beda dengan dulu ketika waktu saya masih SD. Setiap Minggu pagi di TV pasti banyak sekali yang menyiarkan lagu anak-anak. Selain itu setiap sore mulai jam 14:30 WIB juga ada televisi yang menyiarkan acara musik untuk anak-anak.

Sekarang sangat jauh berbeda. Yang ada saat ini adalah setiap pagi, siang, sore bahkan malam pun anak-anak selalu disuguhi acara musiknya orang dewasa. Ini sangat memprihatinkan, karena anak-anak yang belum waktunya dewasa sudah dipaksa untuk menjadi dewasa dengan disuguhi lagu-lagu percintaan. Kenapa hal sepele ini tidak banyak yang memperhatikan?

Salah satu contoh yang sangat nyata yang saya amati selama ini, ada dua stasiun televisi nasional yang berbuat demikian. Mereka membuat acara yang di kemas khusus untuk anak-anak tapi lagu-lagu yang dinyanyikan semuanya lagunya orang dewasa. Terutama lagu-lagu cinta, anak-anak pun sudah sangat hafal. Gaya berpakainnya pun sudah meniru orang dewasa. Ada apa ini?

Selain itu salah satu televisi nasional juga membuat acara musik setiap pagi live dari sebuah pusat perbelanjaan. Coba Anda lihat, penontonnya masih remaja, masih seusia sekolah. Tapi kenapa pada saat jam-jam sekolah mereka malah pergi nonton musik?

Menurut analisa saya, mereka yang terlibat dalam pembuatan acara hanya mengejar rating naik, sponsor banyak, untung yang dihasilkannya pun juga banyak, tidak memperhatikan aspek-aspek yang dapat mendidik anak-anak. Hal inilah yang bisa memicu tindakan kriminal yang dilakukan anak-anak. Mereka sudah paham pacaran, sudah paham kekerasan, sudah paham tindik telinga karena acara yang disajikan tidak di dunia mereka, yaitu dunia anak-anak.

Coba dech pihak-pihak yang ada di pertelevisian, buatlah acara musik khusus untuk anak-anak seminggu sekali, semua isinya juga dikemas untuk anak-anak. Saya yakin anak-anak akan merasa memiliki dunianya. Semoga…

1 komentar:

hii…. blognya kren..infornya bnr2 bermanfaat.
Senang sekali menemukan blog yg peduli pada dunia anak...
Saya juga punya sebuah blog yg byk membahas tentang anak2, terutama dunia lagu anak…
anda juga bisa donlot lagu anak gratis di sana..klo anda juga peduli pada lagu anak, silakan donlot lagu2 anak di
klik http://lagu2anak.blogspot.com
kunjung balik ya…
tuker link juga boleh kalo tidak keberatan…

Salam cinta lagu2anak…

Posting Komentar

Anda boleh Kopi Paste. asal sertakan link back ke blog ini Makasih

ANDA WAJIB KOMENTAR :D !!
jika anda Tidak Punya Akun Apapun,, Anda Bisa Menggunakan ANONYMOUS