Sponsors

Pages

Sabtu, 07 April 2012

Cara Menghindari Dehidrasi Pada Anak


Sebuah studi dari Tufts University menemukan bahwa dehidrasi, meskipun sedikit, sudah mampu mengacaukan mood anak. Padahal, selama ini mungkin kita berpikir bahwa anak yang rewel itu berarti lapar atau mengantuk. Ternyata tidak selamanya demikian. Bisa saja si kecil rewel karena mood-nya sedang tidak baik akibat dehidrasi.

Ya, bila tidak hati-hati, anak memang mudah mengalami dehidrasi. Ini karena biasanya anak senang melakukan aktivitas fisik, seperti berlari-lari, lompat-lompat, dan lain sebagainya. Apalagi jika si kecil tergolong hiperaktif, maka ia akan semakin rentan terkena dehidrasi.

Ternyata, akibat yang ditimbulkan oleh dehidrasi tidak sebatas memengaruhi mood anak saja. Hasil studi lain menyatakan bahwa dehidrasi juga bisa mengurangi kemampuan berpikir anak. Hal ini dinyatakan oleh periset bernama Kristen D’Anci, Ph.D. Penemuan tersebut semakin menegaskan bahwa orangtua benar-benar harus memastikan bahwa si kecil telah meminum cukup air agar terhindar dari dehidrasi.

Saat hari sedang panas-panasnya, usahakan agar anak Anda sering-sering berhenti bermain untuk minum. Sebab, jika dibiarkan, anak cenderung hanya minum saat mereka benar-benar haus. Saat sedang haus pun kadang mereka malas minum karena terlalu asyik bermain. Ini cukup berbahaya karena dapat membuat si kecil dehidrasi.

Sebenarnya tidak ada kepastian tentang berapa jumlah air yang anak butuhkan setiap hari. Yang pasti, ketika si kecil aktif di luar, misalnya bermain bersama teman-temannya, ia perlu istirahat sejenak setiap 15-20 menit sekali untuk minum beberapa teguk air.

Jangan lupa juga untuk meminta si kecil agar tidak menahan pipis. Bila anak kira-kira sudah kebelet, segera ajak dia untuk ke kamar kecil. Sebab, bagaimanapun menahan pipis bukanlah hal yang baik, dan bahkan dalam jangka panjang bisa berakibat buruk terhadap  ginjal.

Sekadar tambahan, cairan yang baik untuk diminum oleh anak agar terhindar dari dehidrasi adalah air putih. Untuk itu, sediakan bekal air putih ketika menemani anak beraktivitas atau bermain di luar rumah (Berbagai sumber).

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh Kopi Paste. asal sertakan link back ke blog ini Makasih

ANDA WAJIB KOMENTAR :D !!
jika anda Tidak Punya Akun Apapun,, Anda Bisa Menggunakan ANONYMOUS