Sponsors

Pages

Senin, 19 Maret 2012

Tips sukses ujian sekolah untuk anak


Gunakan trik mudah dan menyenangkan berikut ini untuk membantu anak Anda belajar dengan cerdik – sukses menghadapi ujian.


Jadi jago matematika
Katakan dengan lantang. Mintalah anak Anda untuk mempelajari konsep-konsep matematika yang harus ia kuasai dan katakan pengertian konsep tersebut dengan keras atau tuliskan di kartu indeks intisari dari tiap materi pelajaran. Misalnya : Faktor adalah dua buah angka yang jika dikalikan akan menghasilkan angka lain : 2 x 3 = 6, jadi 2 dan 3 adalah faktor dari 6.

Latihan soal. Kerjakan soal-soal sungguhan di kertas atau di papan tulis. Mintalah anak Anda mengerjakan soal-soal yang ada di buku pelajarannya, atau Anda bisa mencari soal-soal latihan di internet. Coba klik : coolmath.com, funbrain.com, mathcats.com.

Tambahkan warna. Saat anak Anda mengerjakan soal-soal yang membutuhkan penyelesaian bertahap untuk bisa menemukan angka jawabannya, cobalah gunakan pensil warna dan kerjakan tiap tahap dalam warna yang berbeda.


Tip mengerjakan soal ujian
Rajin belajar baru setengah jalan, soalnya bagaimana cara anak Anda mengerjakan ujian juga sangat berpengaruh.

Tuangkan isi kepala. Jika anak Anda khawatir akan melupakan rumus-rumus yang telah ia pelajari sebelumnya, mintalah anak Anda untuk menuliskan di lembar soal atau kertas buram semua rumus, kata dan angka kunci yang telah ia pelajari segera saat ujian dimulai. Karena rumus yang tersimpan di kepalanya sudah tercatat, ia dapat melepaskan kekhawatiran dan lebih fokus mengerjakan soal ujian.

Pindai dan pilih. Latih anak Anda untuk segera memindai seluruh soal dan mulai mengerjakan soal-soal yang ia anggap mudah terlebih dahulu (tak perlu mengerjakan soal secara urut). Keberhasilan memecahkan soal akan meningkatkan kepercayaan dirinya dan menghemat waktu demi mengerjakan soal-soal yang tegolong sulit kemudian.

Pilihan ganda. Biasanya, jika soal mempunyai 4 jawaban pilihan ganda untuk dipilih, anak akan mampu langsung mengabaikan 2 pilihan jawaban yang jelas salah. Selanjutnya, ia tinggal memilih jawaban yang benar  dari 2 jawaban tersisa.


3 hari belajar = sukses ujian
Jika anak punya waktu beberapa hari untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian, coba langkah sederhana ini untuk membagi beban belajar:

3 hari sebelum ujian: Minta anak Anda membaca ulang semua materi yang akan diujikan, termasuk textbook dan catatan.

2 hari sebelum ujian: Minta anak anda untuk mengulang kata-kata kunci dan konsep penting secara lisan kepada Anda, papanya, atau kakaknya tanpa melihat ke buku catatan, apakah dia sudah benar-benar menghafal semuanya?

1 hari sebelum ujian: Jika gurunya memberi soal kisi-kisi atau soal latihan ujian, anak Anda harus sudah bisa mengerjakan. Seandainya masih ada soal yang tak mampu dijawab, mintalah ia untuk mempelajari kembali catatannya.

Hari H: Jika anak merasa percaya diri, doronglah ia untuk sekedar membaca ulang catatan-catatannya sambil sarapan. Jika anak masih merasa cemas, lebih baik tak usah membaca ulang materi ujian melainkan ajak ia untuk melakukan relaksasi seperti menarik napas panjang.

Belajar IPA dan IPS
Cara kuno. Kartu belajar masih jadi cara ampuh untuk membantu anak-anak lebih mudah mengingat konsep-konsep yang rumit. Mintalah anak Anda menuliskan kata kunci atau sebuah konsep di atas kartu indeks berwarna dan menuliskan definisinya di balik kartu. Setelah anak mempelajari kartu-kartu tersebut, Anda bisa mengujinya.

Gunakan jembatan keledai, yaitu cara untuk membuat hafalan menjadi mudah diingat. Masih ingat mejikuhibiniu? Singkatan tersebut memudahkan kita menghapal urutan warna pelangi. Bersama anak, cobalah menciptakan singkatan-singkatan atau kata-kata lucu untuk membantu ia menghapal nama-nama planet dalam tatasurya, peristiwa sejarah, rumus, dan apa saja dalam materi pelajarannya yang harus dihafal.

Tampilkan sisi artistik. Biasakan anak membuat diagram sederhana untuk konsep atau proses ilmiah yang rumit, misalnya diagram untuk siklus penguapan air. Gambar-gambar konyol juga bisa membantu, misalnya untuk mengingat arti dominan dan resesif anak menggambar anjing besar menggonggong kepada anjing kecil, anjing besar diberi nama Domi, dan anjing kecil Resi.

2 komentar:

thanks for visiting, visit you back
nice blog


larascandralaksi.blogspot.com

Poskan Komentar

Anda boleh Kopi Paste. asal sertakan link back ke blog ini Makasih

ANDA WAJIB KOMENTAR :D !!
jika anda Tidak Punya Akun Apapun,, Anda Bisa Menggunakan ANONYMOUS