Sponsors

Pages

Kamis, 22 Maret 2012

Menyusuri Kota Romantis Venesia


sumber gambar : picturesdepot.com

Bicara tentang Italia memang bukan hanya Roma, Menara Miring Pisa atau Coloseoum nya yang sarat menyimpan kisah luar biasa. Hampir seluruh Italia menasbihkan dirinya sebagai daerah layak jual bagi wisatawan manca negara. Dari Roma, Sicilia ,Toscana hingga Venesia yang dibungkus kisah masa silam. Semua layak dirambah. Begitu juga Venesia yang syarat menawarkan estetika romantika.

Venesia (Venice dalam bhs inggris) memiliki julukan kota cinta, selain paris tentunya, sehingga nuansa romantis pasti anda dapatkan disana. Selain itu keahlian penduduk Venesia yang terampil membuat kerajinan tangan menjadi salah satu daya pikat wisata.

Venesia mudah dijangkau dr kota-kota di Italia lainnya,baik dengan mobil, bus, hingga kereta. Dari stasiun Fetrovia Santa Lucia,anda bisa langsung naik bus air. begitu juga perhentian bus umum dan gedung parkir terbesar terletak di Piazzale Roma yang langsung berhadapan dengan terminal bus air. Ada pula bandara di Mestre,sekitar 10 km di luar kota.

Piazza san Marco dan jembatan Rialto adalah dua tempat menyenangkan untuk disinggahi karena menjadi pusat keramaian. Ribuan merpati menjadi warga tetap Piazza san Marco,selain keindahan arsitektur gereja San Marco,deretan cafe di setiap sudut San Marco bisa menjadi tempat rehat sembari mendengar musik yang disuguhkan secara live.

Kota Venesia paling nyaman dikunjungi pada bulan April-Mei karena saat itu adalah musim semi dimana cuaca tidak terlalu panas dan dingin yang cocok untuk wisatawan dari negara tropis. Tetapi orang indonesia biasanya memilih bulan Oktober untuk kesana karena saat itu berlangsung dingin,mereka umumnya ingin menikmati salju yang memang tidak ada di Indonesia. Untuk diingat,hindari berkunjung venezia dimusim Panas “juli-agustus” selain cuacanya yang terlalu panas dan tingkat kepadatan wisatawan yang cukup tinggi,bau air sungai di Venesia cukup menyengat akibat paparan sinar matahari dan pengabnya udara.

Di Venesia ada 3 jenis angkutan yg umum digunakan yaitu gondola, taksi air dan bus air. Dari ketiganya, bus air merupakan ankutan yang paling murah (4 Euro = 6 Ribuan) dan Gondola adalah yg paling mahal (80 Euro = 1 jutaan).Gondola merupakan perahu tradisional sepanjang 6 meter,berwarna hitam,dikayuh Gondolier mengenakan baju tradisional yang hampir semua serupa. Celana hitam kaus bergaris merah putih atau hitam putih, topi anyaman berpita di imbuh jaket jika musim dingin tiba.

Atraksi utama di Venesia adalah piazza san marco yg terletak di ujung Canal Grande, lapangannya yang luas dan ditutup batu selalu penuh dengan merpati. Disana pula berdiri Basilica San Marco yang indah dan ramai dikunjungi wisatawan. Perku diingat anda harus bersabar antre hingga 2 jam untuk menikmati keindahannya. Basilica San Marco memiliki empat kubah dengan ukiran emas di dinding, banyak mosaik terukir indah di dalam Basilica ini, keuntungan lain jika kita ikut rombongan tur, anda akan dibimbing pemandu wisata untuk memahami makna semua mosaik di dalam gereja itu,setara dengan keindahan Basilica San Marco, banyak gereja lain dan bangunan antik bertebaran di Venesia semisal gereja Dogas Palace.

Nuansa romantis benar-benar terasa di malam hari. Di restoran atau cafe yang bertebaran di sepenjang jembatan Rialto, penjual bunga mawar hilir mudik menawarkan dagangan, sementara di beberapa sudut jalan terpasang obor dan lampu menyala temaram.

Buah tangan khas Venesia:
+ singgahi pulau Murano yang merupakan pusat merupakan pusat kerajinan gelas Italia. Disana anda bisa melihat perajin membuat gelas gelas unik dengan kualitas tinggi.
+ buah tangan khas Venesia lainnya adalah topeng pesta penduduk venezia biasa menghadiri pesta khas (masquerade) yang mengharuskan semua orang mengenakan topeng untuk menyembunyikan identitasnya.
+ jika berkunjung awal Februari.anda bisa menyaksikan karnaval yang berlangsung selama dua pekan. Warga disana akan mengenakan topeng dan kostum seperti di abad pertengahan.

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh Kopi Paste. asal sertakan link back ke blog ini Makasih

ANDA WAJIB KOMENTAR :D !!
jika anda Tidak Punya Akun Apapun,, Anda Bisa Menggunakan ANONYMOUS