Sponsors

Pages

Senin, 07 Mei 2012

Kecanduan Teknologi Dapat Membuat Orang Kesepian

 

Misgi Candra Dasa - Dengan adanya kemudahan dari teknologi yang kian hari semakin canggih, ternyata mendatangkan dampak buruk bagi umat manusia. Menurut sebuah riset, orang yang rata-rata bergelut dengan teknologi 48 jam tanpa melakukan interaksi sosial menyebabkan sebuah efek buruk seperti rasa kesepian.

Sebuah perusahaan marketing digital DNX telah melakukan sebuah survei terhadap 1000 responden di Inggris mengenai hal tersebut, dan mereka mendapati bahwa setidaknya 3 persen orang dewasa merupakan sebuah kelompok yang disebut “digital dominan”, yaitu, seseorang yang menghabiskan 48 jam waktunya secara teratur, untuk berkutat dengan teknologi komunikasi , misalkan saja seperti emai, sms, ataupun chat serta video chat tanpa berikteraksi secara fisik dengan orang lain.

Selain itu, sebanyak 19 persen responden diantaranya tahan dan tidak melakukan hubungan interaksi tanpa harus bertemu fisik selama 2 hari. Hal tersebut merupakan pemicu dari efek rasa kesepian, dan itu tidak baik.
“Kita tau, bahwa teknologi sangatlah penting dan membantu kita semua. Akan tetapi, dengan semua kemudahan ini, tidak menggantikan kita dalam berikteraksi secara fisik dengan orang lain,” ujar Drew Nicholson dari DNX.
(dari berbagai sumber)